5 KONTROVERSI Zein Kribo: Dipolisikan Atas Kasus Penistaan Agama, Pernah Sebut Anies Akan Ubah RI Jadi Taliban

  • Bagikan
X
BULETINDEWATA.COM - Zein Assegaf atau yang sering dikenal dengan nama Habib Kribo harus berurusan hukum. 


Pasalnya, habib yang kerap menuai kontroversi ini dianggap melakukan penistaan agama oleh komunitas Muslim di Makassar, Sulawesi Selatan.


Laporan itu dikonfirmasi langsung oleh Habib Kribo saat wawancara di salah satu stasiun televisi swasta pada Selasa (1/8/2023).


"Saya sekarang lagi dilaporkan ke polisi di Makassar. Katanya saya dibilangin sebagai penista agama. Maaf, jelek-jelek begini saya juga Habib. Enggak akan saya jual agamanya  Rasulullah," kata Habib Kribo dalam pernyataannya.


Kontroversi yang ditimbulkan dari pernyataannya pun bukan pertama kali terjadi. 


Pria yang mengaku bersahabat dekat dengan pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang ini pun beberapa kali menyampaikan pernyataan kontroversial.


Lalu, apa saja kontroversi yang dilakukan Habib Kribo? Simak inilah selengkapnya.


1. Minta Anies jangan sampai jadi presiden


Habib kontroversial ini pun pernah mengeluarkan statemen bahwa jangan sampai Anies Baswedan menjadi presiden Indonesia selanjutnya.


"Jangan sampai dia (Anie Baswedan) jadi Presiden. Nanti Indonesia bisa berubah menjadi Taliban," ungkap Habib Kribo saat menghadiri sebuah acara kebangsaan di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/02/2023) lalu.


Berbagai pernyataan kontroversial soal Anies pun kerap disampaikan Habib Kribo di ruang publik.


2. Sebut Islam Arab sering ribut dan akan keluar Islam


Kontroversi lain Habib Kribo yang membuat keruh suasana adalah menyebut "Islam Arab" sering meributkan suatu hal yang dianggapnya tak penting.


“Beginilah kalau Islam-Islam Arab, yang diributkan ya cuma Islam-Islam atribut. Nggak boleh sungkem, nggak boleh deket ama orang nonmuslim. Kalau emang begini (aturan) Islam gak boleh deket-deket nonmuslim, saya keluar dari Islam,” ungkap Habib Kribo dalam pernyataannya.


Tak hanya itu, Habib Kribo pun juga menyebut agama Islam mempersulit dirinya.


“Lah betul kan? Di dunia ini gak cuma ada muslim. Bahkan nonmuslim lebih besar. Kalau emang agama ini (Islam) menyusahkan saya buat apa?” kata Habib Kribo lagi.


 3. Ungkap PSK lebih mulia dari ulama


Tak hanya itu, Habib Kribo juga pernah menyebut bahwa PSK lebih mulia dari ulama dengan nada menyindir ulama yang sengaja "menjual agama".


"Bahkan seorang pelacur yang menjual kehormatannya, masih lebih mulia dan terhormat dibandingkan dengan ulama yang menjual agama demi dunia," kata Habib Kribo dalam pernyataannya.


4. Sebut dirinya bukan Habib lagi


Meskipun masih menggunakan nama "Habib" sebagai nama panggungnya, namun Habib Kribo mengaku dirinya bukan lagi keturunan Habib karena sudah menjadi keturunan Indonesia.


"Iya, mungkin saya sekarang sudah bukan Habib lagi, karena saya sudah menjadi keturunan Indonesia. Saya juga udah makan nasi dan tempe, sudah jadi orang Melayu,” ujar Habib Kribo.


Ia pun juga mengungkap bahwa gelar Habib sendiri bukanlah suatu prestasi.


5. Sebut ibadah haji sama dengan mengitari berhala


Awal tahun 2023, nama Habib Kribo pun kembali menjadi perbincangan usai dirinya menyebut bahwa ibadah haji yang menjadi Rukun Islam seluruh umat Muslim di dunia hanya buang-buang uang.


Tak hanya itu, ia pun menyebut bahwa ibadah tawaf mengitari Ka'bah yang menjadi rukun haji sama saja seperti mengitari berhala atau benda mati.


"Orang yang tetap melakukan ibadah (tawaf) haji itu berarti mengitari berhala. Ngapain juga ke Arab jauh-jauh, buang-buang duit." ungkap Habib Kribo dalam kanal Youtube pribadinya pada Senin,(9/1/2023) lalu.


Pernyataannya soal berhala ini lah yang membuatnya dilaporkan ke Polda Sulsel. [Buletindewata/Suara]

Baca Juga

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan