Guru Besar Unpad Ungkap Ada 4 Faktor Penyebab Hubungan Panglima TNI dan KSAD Bermasalah

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - Isu hubungan tak harmonis antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mencuat dalam rapat Komisi I DPR dengan Panglima TNI di Gedung DPR, hari ini, Senin (5/9/2022).

Menurut guru besar ilmu politik dan keamanan Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Muradi, ada empat faktor yang dapat menyebabkan hubungan Panglima TNI dan KSAD bermasalah, salah satunya adalah faktor politis.

“Alasan pertama soal politis. Saya kira problem Pak Dudung dengan Panglima ini, saya menduga, pertama, alasan politis,” tutur Muradi dalam dialog Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin.

“Kedua, ada alasan ekonomi. Ketiga, alasan psikologis, dan keempat adalah personal.”

Dalam konteks hubungan antara Jenderal Andika dan Jenderal Dudung, ia menduga lebih ke arah politis daripada psikologis maupun personal.

Karena, kata Muradi, isu Andika akan diusung dalam pemilihan presiden-wakil presiden (capres-cawapres) setelah purnatugas, cukup mengganggu psikologi sejumlah kepala staf angkatan di TNI, termasuk KSAD.

“Akan mengganggu juga sebenarnya psikologis dari kepala staf, termasuk Pak Dudung.”

Sumber: kompas.tv

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan