Direktur Eksekutif Energy Watch Sebut Kenaikan Harga BBM Bukti Pemerintah Perhatikan Rakyat, Kok Bisa?

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per Sabtu (3/9/2022) yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat respons dari Energy Watch.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai sinyal kenaikan harga BBM sudah dikeluarkan pemerintah sejak beberapa waktu lalu.

“Sudah ada sinyal-sinyal, terbaru saat Jokowi ada di Papua memberikan bantuan langsung tunai (BLT), di Lampung juga demikian, dan hari ini terbukti,” ujarnya.

Menurut Mamit, kenaikan harga BBM ini justru menunjukkan pemerintah serius dan tetap memperhatikan masyarakat melalui program-program BLT atau stimulus lain yang bisa menjadi bantalan sosial untuk menjaga daya beli masyarakat dan menjaga perekonomian nasional.

“Pemerintah kemarin bilang subsidi BBM tidak tepat sasaran dan dengan kenaikan BBM bisa memberikan ruang fiskal untuk APBN dan pemerintah membantu kelompok rentan melalui bantuan selama empat bulan di awal,” ucapnya.

Ia memperkirakan, tidak hanya BLT yang menjadi bantalan sosial untuk kelompok masyarakat rentan sebagai solusi dari kenaikan BBM.

Ia yakin pemerintah akan turun dengan stimulus lain jika ada efek domino dari kenaikan harga BBM.

Sumber: kompas.tv

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan