Pengamat Politik: PDIP Perlu Paksa 2 Kader Yang Buron Serahkan Diri ke KPK

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - PDI Perjuangan diharapkan bisa memaksa dua kadernya yang jadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yaitu Harun Masiku dan Mardani Maming, agar segera menyerahkan diri.

Menurut pengamat politik dari Universitas Padjajaran Kunto Adi Wibowo, langkah ini perlu diambil PDIP untuk menjaga wibawa partai.

"Langkah konkret PDIP ya, mendorong bahkan kalau bisa memaksa kadernya yang sekarang buron untuk menyerahkan diri ke KPK," kata Adi, Selasa (26/7).

Adi menilai PDIP sebagai partai penguasa semestinya bisa mengontrol kader-kadernya. Apalagi bertalian dengan kasus hukum.

Di lain sisi, dia berpendapat elektabilitas PDIP tak begitu terpengaruh dengan kader yang terjerat kasus korupsi.

"Ini mungkin kalau PDIP melakukan itu efeknya hampir tidak ada. Karena ini jadi salah kadernya bukan partainya," ucapnya.

Berdasarkan studi kualitatif yang dilakukannya di beberapa provinsi tentang preferensi masyarakat dalam memilih partai, Adi mengungkapkan PDIP 'kebal' dari kasus-kasus korupsi yang menjerat para kader.

Sumber: cnnindonesia.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan