Hasto PDIP: Kami Sungguh Prihatin Atas Pejabat Negara Tersandung Kasus Korupsi

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - PDI Perjuangan (PDIP) menanggapi serius berbagai persoalan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang melanda banyak politisi, pengusaha, aparat penegak hukum, hingga pegawai negeri, termasuk yang menimpa kader PDIP.

PDIP heran segala pencegahan sudah dilakukan, tapi korupsi masih merajalela.

"Kami sungguh prihatin atas banyaknya pejabat negara yang terkena korupsi. Lebih dari 253 kepala daerah dari sebagian besar parpol sepanjang tahun 2010 sampai Juni 2018. Berbagai bentuk pencegahan telah dilakukan, namun mengapa hal tersebut masih terus terjadi. Skalanya masif dari penyalahgunaan kekuasaan, gratifikasi, suap, hingga penggelapan pajak dan kejahatan korporasi yang merugikan negara," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

Atas berbagai persoalan tersebut, PDIP terus berbenah diri, termasuk mewajibkan seluruh caleg legislatif pada Pemilu 2024 mengikuti kursus pemberantasan korupsi yang diadakan KPK.

Semua caleg PDIP akan mendapatkan sertifikat yang bisa diperoleh dengan mengikuti kursus secara daring di KPK.

Atas kejadian yang menimpa kadernya, PDIP meminta agar yang bersangkutan kooperatif dan menaati hukum tanpa kecuali.

"Setiap warga negara, termasuk kader partai wajib menjunjung tinggi hukum dan percaya pada sistem hukum yang berkeadilan," kata Hasto.

Sumber: news.detik.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan