Bukan Soal Dana, Pengamat Ini Beberkan Penyebab ‘Investasi China’ di Indonesia Selalu Bermasalah

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - Pengamat politik Universitas Indonesia, Rocky Gerung, menilai proyek-proyek investasi China di Indonesia selalu bermasalah.

Salah satunya yaitu mega proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) yang tidak sesuai kesepakatan awal tanpa menggunakan uang APBN.

Rocky Gerung mengungkapkan penyebab proyek investasi China di Indonesia selalu bermasalah karena China sendiri merupakan negara yang melanggar hak asasi manusia (HAM).

“Investasi China di Indonesia kan selalu bermasalah karena diproduksi dari sebuah negara yang melanggar hak asasi manusia,” ujar Rocky Gerung di kanal YouTube-nya pada Senin (25/7).

Menurutnya, penting untuk melihat China dalam kacamata geo politik atau politik global. Itu karena, adanya kemungkinan China dikucilkan dalam waktu dekat.

Salah satu contoh China melanggar HAM yaitu pelanggaran HAM terhadap hak-hak muslim terhadap etnis muslim Uyghur.

“Kita ingin Pak Jokowi mengerti bahwa China melanggar hak-hak moslem di provinsi berbatasan dengan Rusia, etnis Uyghur,” ujar Rocky Gerung.

Sumber: nw.wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan