Lurah Kamal Evakuasi Warganya ke RSUD Kalideres, Bukan Karena Gizi Buruk Tapi Penderita TBC

  • Bagikan
X

Buletindewata.com, Jakarta -  Lurah Kamal Iqbal Rahmat Thahir Siregar mengklarifikasi soal kabar yang menyebut salah satu warganya alami gizi buruk. Menurut Iqbal, warganya yang bernama Rianto itu mengalami TBC sehingga terlihat seperti gizi buruk.   

"Kondisi badan kurus kering, bukan karena gizi buruk, tapi penyakit TBC " ucap Iqbal seperti dikutip dari laman Pemkot Jakarta Barat, Ahad, 17 Juli 2022.

Iqbal mengatakan Rianto yang baru berusia 25 tahun itu merupakan warga Kampung Belakang RT 002/03 Kelurahan Kamal, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Penyakit TBC membuat tubuh Rianto kurus dan terlihat seperti gizi buruk. 

Menurut Iqbal, pihak kelurahan langsung mendatangi rumah Rianto dan membawanya  ke rumah sakit Kalideres dengan menggunakan mobil ambulans RW. 

"Pihak keluarga sempat menolak untuk dibawa ke rumah sakit, mungkin bingung nanti mengurusnya. Namun saya kasih pengertian bahwa segalanya akan dihandel  kelurahan. Akhirnya pihak keluarga pun mengizinkan," kata Iqbal. 

Iqbal menjelaskan, dahulu saat pasien dirawat di rumah sakit akibat menderita TBC, dari pihak keluarganya minta agar pasien keluar dari rumah sakit dengan maksud dirawat sendiri di rumahnya. Kini kondisi tubuhnya semakin buruk akibat minimnya perawatan yang diterima. 

Namun Informasi yang diterima sampai Ahad sore kemarin, kondisi Rianto sudah mulai membaik dan juga sudah nafsu makan. Rencana besok pihaknya bersama Camat akan menjenguknya di RSUD Kalideres. "Tadi sore kabarnya pasien sudah makin baik. Makannya juga sudah banyak," ungkapnya. 

Sumber: metro.tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan