Bumi Makin Padat, Prediksi PBB: 4 Bulan Lagi Penduduk Dunia Capai 8 Miliar

  • Bagikan
X

Buletindewata.com, Jakarta -Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam laporan World Population Prospect memprediksi bahwa 15 November 2022, jumlah penduduk dunia akan mencapai 8 miliar jiwa.

Dalam laporan yang dirilis pada Hari Populasi Dunia tersebut, PBB menunjukkan bahwa India diprediksi akan menggeser posisi China dan menjadi negara terpadat di dunia pada 2023.

Proyeksi Penduduk DuniaPBB juga memprediksi bahwa penduduk dunia akan terus bertumbuh dan mencapai puncaknya pada 2080-an dengan jumlah 10,4 miliar jiwa. Laporan tersebut juga melaporkan bahwa pertumbuhan penduduk tumbuh pada tingkat yang lambat sejak 1950.

PBB melaporkan bahwa saat ini dua pertiga dari penduduk dunia hidup di negara yang memiliki kesuburuan seumur hidup di bawah 2,1 kelahiran per perempuan.

Akibat tingkat kesuburan yang rendah, selama 30 tahun mendatang diperkirakan penduduk dari 61 negara akan mengalami penurunana. Selain itu, terjadinya pandemi Covid-19 juga berperan dalam penurunan jumlah penduduk dunia.

Pandemi Covid-19 yang terjadi menurunkan usia harapan hidup penduduk dunia yang semula 72,9 tahun pada 2019 menjadi 71 tahun pada 2021. Di samping itu, pada beberapa negara, terjadinya pandemi menyumbang penurunan jumlah penduduk dalam jangka pendek.

PBB memprediksi bahwa sampai tahun 2050, pertumbuhan penduduk di dunia akan terkonsentrasi di 8 negara, yaitu Republik Demokratik Kongo, Mesir, Etiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania.

Sumber: dunia.tempo.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan