4 Penjelasan Ancaman Kominfo Blokir WhatsApp, Facebook, IG hingga Google

  • Bagikan
X

Buletindewata.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kementerian Kominfo menetapkan batas akhir pendaftaran PSE atau Penyelenggara Sistem Elektronik adalah Rabu 20 Juli 2022.

Oleh karena itu, layanan PSE yang tidak melakukan pendaftaran di Indonesia hingga tanggal tersebut terancam Kominfo blokir.

BACA JUGA: Pakar Keamanan Siber: Pendaftaran Facebook, Google, dkk ke Kemkominfo untuk Lindungi Masyarakat BACA JUGA: WhatsApp, Facebook, hingga IG Terancam Kominfo Blokir, Diharap Bukan Gertak Sambal BACA JUGA: 4 Fakta Terkait WhatsApp, Facebook, hingga IG Terancam Kominfo Blokir di Indonesia BACA JUGA: Cara Ubah Jenis Font di WhatsApp, Gampang Banget dan Teks Jadi Keliatan Lebih Kece BACA JUGA: Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dicuri Baca Juga

4 Fakta Terkait WhatsApp, Facebook, hingga IG Terancam Kominfo Blokir di Indonesia Alasan Kominfo Ancam Blokir WhatsApp, Google, hingga Instagram dipantau liputan6.com dari laman resmi https://pse.kominfo.go.id/home/, sejumlah PSE asing besar, seperti Google dan layanan Meta seperti WhatsApp dan Instagram, termasuk Twitter belum melakukan pendaftaran. Dengan begitu, ada kemungkinan layanan tersebut akan diputus aksesnya.

Ditegaskan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan, pendaftaran PSE tersebut dilakukan sepenuhnya untuk melindungi masyarakat Indonesia.

"Sebab, apabila tidak terdaftar dan ada masalah, bagaimana bisa melindungi para konsumen yang menggunakan layanan tersebut," ujar Semuel.

Selain itu, menurut Semuel, PSE asing dan lokal sama-sama diwajibkan mendaftar dan menjalankan persyaratan operasional yang sama agar tercipta kondisi level playing field.

Sumber: liputan6.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan