Duh! Pemerintah Utang Lagi Rp 5,25 Triliun ke Bank Dunia, Buat Apa Sih Pak Jokowi?

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - Bank Dunia mengucurkan pinjaman senilai 350 juta dolar AS atau setara Rp5,25 triliun (kurs Rp15 ribu per dolar AS) kepada Indonesia.

Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Satu, Kahkonen menyatakan, bahwa pembiayaan baru yang diberikan pada 29 Juni 2022 lalu akan mendukung peningkatan dan perlindungan pembangunan modal manusia di Indonesia.

Selain itu, dana pinjaman tersbeut akan mendukung upaya Pemerintah Indonesia melindungi masyarakat ketika kehilangan pendapatan, meningkatkan akses ke layanan kesehatan, mencegah perilaku tidak sehat, dan meningkatkan efektivitas belanja pemerintah.

"Program ini adalah dukungan Bank Dunia yang pertama untuk kebijakan pembangunan modal manusia di kawasan Asia Timur dan Pasifik," kata Kahkonen dalam keterangannya, dilansir Antara, Rabu 6 Juli 2022. 

"Dukungan ini merupakan pengakuan terhadap komitmen kuat Indonesia bagi kemajuan pembangunan modal manusianya," sambungnya.

Menurut Kahkonen, pembiayaan baru ini sejalan dengan Kerangka Kemitraan Negara (CPF) Bank Dunia untuk Indonesia selama 2021-2025, khususnya dalam membina modal manusia lewat penguatan kualitas, pemerataan gizi, kesehatan, dan perlindungan sosial.

"Dengan begitu, pembiayaan Bank Dunia akan mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia meningkatkan gizi ibu hamil dan mengurangi stunting pada anak, mereformasi pelaksanaan layanan terkait tuberkulosis, dan menggunakan layanan telemedicine untuk meningkatkan akses kesehatan di pedesaan dan daerah terpencil," tuturnya.

Sumber: disway.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan