Selain Tjahjo Kumolo, Ini Deretan Tokoh Yang Meninggal Dunia di Hari Jumat

  • Bagikan
X

Buletindewata.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo, meninggal hari ini, Jumat (1/6/2022). 

Tjahjo meninggal usai dirawat intensif selama beberapa hari di rumah sakit.

Bagi umat Islam, meninggal dengan cara yang baik dan di hari baik adalah sebuah harapan. 

Islam pun mengenal waktu-waktu yang memiliki keutamaan dibandingkan dengan waktu-waktu lainnya.

Hari Jumat dianggap sebagaian besar kaum muslim sebagai hari yang baik menghadap Sang Ilahi. 

Hal ini pun sesuai dengan hadis yang disebutkan oleh HR Tirmidzi: “Setiap muslim yang meninggal di hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan memberikan perlindungan baginya dari fitnah kubur.”

Selain Tjahjo Kumolo, ternyata cukup banyak tokoh-tokoh nasional yang meninggal di hari Jumat. Berikut informasinya:

1. Buya Syafii Maarif

Beberapa waktu yang lalu kabar duka juga datang dari tokoh nasional, Buya Syafii Maarif. 

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif dikabarkan meninggal dunia, yang juga jatuh pada hari Jumat (27/5/2022).

Kabar tersebut disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Buya Syafii meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

2. Buya Hamka

Almarhum Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal Buya Hamka adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama, dikenal pula sebagai tokoh Masyumi dan ulama Muhammadiyah.

Diketahui, Buya Hamka wafat di pagi hari Jumat, 24 Juli 1981, di bulan Ramadhan dan disholatkan ribuan pelayat secara bergelombang.

3. Djoko Soekiman

Sejarawan Indonesia yang memiliki perhatian besar terhadap arsitektur kuno, industrial, dan sejarah kesenian, Prof. Dr. Djoko Soekiman, meninggal di hari Jumat, 7 Juli 2017.

Semasa hidup, Guru Besar Sejarah Universitas Gadjah Mada ini pernah menjabat sebagai Kepala Museum Sonobudoyo, Yogyakarta. Selain itu, Djoko juga mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI)

4. Didi Petet

Aktor kawakan sekaligus produser, H. Didi Widiatmoko, yang lebih dikenal dengan Didi Petet, juga diketahui meninggal di hari baik Jumat, 15 Mei 2015.

Didi Petet terkenal karena perannya di berbagai film maupun, sinetron, dan situasi komedi.

Tokoh lainnya yang meninggal di hari Jumat adalah Chrismansyah Rahadi, atau yang biasa dikenal dengan Chrisye. Tepatnya, Chrisye meninggal di tanggal 30 Maret 2007.

Penyanyi bersuara emas ini pada 2011 pernah dinobatkan sebagai Musisi Indonesia Terbesar Ketiga Sepanjang Masa oleh Majalah Rolling Stone.

6. Uztaz Uje

H. Muhammad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Ustadz Jefri Al Buchori adalah seorang pendakwah, penyanyi, dan aktor berkebangsaan Indonesia. Ia meninggal di hari Jumat, 26 April 2013.

Sumber: google.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan